Mengenal ECO Driving



Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, kini kendaraan mobil pun dapat menjadi lebih ramah lingkungan dengan teknik ECO Driving. Tentu seringkali Sahabat telah mendengar mengenai ECO Driving yang terdapat pada kendaraan roda empat. Tapi, apa sih sebenarnya ECO Driving ini?

ECO Driving adalah cara mengemudi efektif yang didukung dengan teknologi kendaraan agar tercapai berkendara dengan bahan bakar yang efisien dan ramah lingkungan. Banyak orang telah mendengar mengenai teknik ECO Driving ini, namun, masih sedikit diantara mereka yang benar-benar memahami tentang ECO Driving.

Berikut akan dibagikan kepada Sahabat tips sederhana dalam berkendara dengan ECO Driving.

1. Hindari pemanasan mesin yang terlalu lama
Memanaskan mesin terlalu lama akan membuat kendaraan menjadi boros bahan bakar. Maka dari itu, cukup panaskan mesin selama 1-2 menit saja untuk menghindari pemborosan pada bahan bakar kendaraan.

2. Lakukan perpindahan gigi pada putaran mesin 2000-3000 rpm atau sesuai dengan range kecepatan berikut:
Gigi
Kecepatan (km/jam)
1-2
15
2-1
2-3
35
3-2
3-4
50
4-3
4-5
70
5-4

3. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak bila tidak diperlukan. Injak pedal gas secara perlahan dan gunakan engine brake dalam pengereman.

4. Sesuaikan pengaturan AC terhadap kondisi cuaca.

5. Lakukan perawatan mesin secara berkala dan teratur. Hal ini dianjurkan untuk dilakukan agar mendukung kendaraan menjadi lebih hemat bahan bakar.

Selain itu, ada pula hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan ECO Driving. Seperti mendinginkan kabin yang panas dengan cara membuka sedikit jendela untuk membuang panas dalam kabin. Kemudian atur suhu AC paling dingin dengan blower maksimal sampai suhu dalam ruangan menurun. Setelah suhu kabin menjadi dingin, Sahabat dapat menutup jendela hingga rapat dan mengatur suhu serta kecepatan kipas AC sesuai keinginan.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa tekanan ban Sahabat. Pastikan bahwa tekanan angin dalam ban selalu berkurang rata-rata 5% tiap bulannya. Dan selalu periksa paling tidak satu kali dalam sebulan tekanan angin dalam ban agar tetap sesuai dengan ketentuan, tidak kurang atu lebih.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan selalu juga Eco indicator yang terdapat pada kendaraan untuk membantu gaya berkendara Sahabat selalu dalam kondisi Eco Driving. Lampu Eco indicator akan menyala jika gaya mengemudi dalam kondisi Eco Driving dan begitupun sebaliknya, lampu mati menandakan Sahabat tidak sedang dalam gaya mengemudi Eco Driving.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Mudah Menjaga dan Merawat Ban Mobil

Tips untuk Merawat Mobil agar Selalu Terjaga dan Terawat

Tips dalam Membeli Mobil Baru