Tips untuk Merawat Mobil agar Selalu Terjaga dan Terawat


Kendaraan pribadi seperti mobil tentu sangat memerlukan perawatan secara rutin untuk menjaga performa mesin agar mobil dapat terus digunakan dengan baik. Setiap orang pasti ingin memiliki mobil yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan menghindari kerusakan-kerusakan mobil yang tidak diingini. Untuk itu Sahabat perlu melakukan perawatan mobil, baik itu melalui bengkel resmi maupun perawatan sendiri yang dapat dilakukan di rumah.

Berikut kami akan membagikan tips-tips sederhana untuk perawatan terhadapt kendaraan pribadi atau mobil Sahabat.

1. Melakukan perawatan / service berkala di bengkel resmi
Melakukan service secara rutin di bengkel sangat penting untuk tetap menjaga kualitas dan performa mesin serta membuat mobil selalu dalam kondisi terawat. Service berkala ini baiknya dilakukan per 10.000 km, maksimal selama enam bulan sekali. Serta jangan lupa untuk melakukannya di bengkel resmi agar mendapatkan pelayanan yang memuaskan yang didukung dengan teknisi yang kompeten dan peralatan yang lengkap.


2. Melakukan perawatan sendiri di rumah
Perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan melakukan pengecekan terhadap air aki, air radiator, tekanan ban, level oli mesin dan minyak rem.

·       Air aki
Untuk memperpanjang umur baterai, pastikan ketinggian cairan baterai pada seluruh sel selalu berada antara LOWER LEVEL dan UPPER LEVEL. Dan jangan sampai air aki menjadi cepat berkarang.

·       Air radiator
Periksa rutin tinggi air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant.

·       Tekanan ban
Pastikan tekanan ban tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi untuk mencegah ban aus secara tidak merata dan masalah lain yang timbul akibat tekanan ban yang tidak sesuai standar.

·       Level oli mesin
Jaga ketinggian oli diantara batas minimum dan maksimum. Kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan terhadap mesin mobil.

·       Minyak rem
Pastikan ketinggian minyak berada pada batas maksimum. Jika minyak rem berkurang sampai batas minimum dan lampu indicator rem parkir menyala, segeralah membawa mobil ke bengkel resmi untuk ditangani lebih lanjut oleh tenaga ahli.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Mudah Menjaga dan Merawat Ban Mobil

Tips dalam Membeli Mobil Baru