Tips Mudah Menjaga dan Merawat Ban Mobil


Untuk memiliki mobil yang awet dan dapat digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama, tentu diperlukan perawatan secara menyeluruh agar mobil selalu prima dan tidak cepat rusak. Perawatan dibutuhkan terutama pada bagian-bagian terpenting dari sebuah mobil, contohnya adalah ban mobil. Ban ini sangat penting karena keamanan dan kenyamanan dalam mengemudi juga ditentukan oleh kondisi dari ban mobil Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna kendaraan untuk merawat dan menjaga kondisi ban secara rutin.

Jadi, bagaimana kita bisa memberi perawatan terbaik untuk ban mobil kita? Berikut kami akan memberikan tips mudah dalam menjaga kualitas ban Anda agar selalu dalam keadaan prima dan tahan lama.

1. Rutin mengecek tekanan angin
Memeriksa tekanan angin ban mobil merupakan langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kondisi ban mobil Anda. Pastikan tekanan angin ban sudah pas dan sesuai dengan standar. Informasi standar tekanan ban biasanya berada pada bagian pintu pengemudi. Tekanan ban yang berlebih atau terlalu keras akan membuat ban menjadi cepat aus sehingga akan sulit untuk dikontrol dan berbahaya bagi keselamatan Anda dan pengemudi lainnya. Sebaliknya apabila tekanan ban kurang atau terlalu ringan, maka hal tersebut akan membuat tarikan mesin menjadi lebih berat, sehingga dapat mengakibatkan pemborosan penggunaan bahan bakar. Oleh karena itu, sebaiknya cek tekanan angin ban minimal dua minggu sekali secara rutin saat akan mengendarai mobil.

2. Bawa barang secukupnya, jangan berlebihan
Muatan yang berlebih pada kendaraan dapat menimbulkan masalah pada ban dan membuat ban menjadi cepat rusak. Ada baiknya kita hanya membawa barang-barang yang penting dan dibutuhkan saja saat berkendara. Anda bisa mengeluarkan barang bawaan di dalam mobil yang sekiranya tidak perlu untuk dibawa. Jangan memberikan beban berlebih pada mobil Anda agar ban lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

3. Gunakan jalan yang aman untuk dilalui
Terkadang saat mengendarai mobil, tentu tidak semua jalan yang kita lalui beraspal mulus tanpa cacat cela. Berhati-hatilah dalam mengemudi, terutama saat terdapat lubang di jalan atau melewati jalan yang tidak sempurna. Sebisa mungkin, coba untuk menghindari jalan-jalan rusak tersebut agar ban mobil juga tidak menjadi cepat rusak. Apabila harus melewati jalan yang rusak tersebut, usahakan untuk dalam kecepatan yang rendah saja.

4. Pastikan tutup pentil ban telah terpasang
Memastikan ban mobil tertutup rapat dengan pentil mungkin terdengar sepele dan sering kali kita abaikan. Sekarang mulailah untuk membiasakan diri mengecek dan tidak melewatkan langkah ini dalam menjaga ban mobil Anda. Sebab apabila ban tidak tertutup dengan baik, maka ban tersebut dapat mengalami kebocoran sehingga akan mengurangi tekanan yang ada di dalam ban. Tentu kita tidak ingin ban mobil kita bocor saat dalam perjalanan hanya karena lupa mengecek tutup ban mobil.

5. Rutin melakukan pengecekkan di bengkel resmi
Melakukan servis rutin ke bengkel resmi sudah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menjaga dan merawat mobil kesayangan Anda. Pengecekan secara menyeluruh akan dilakukan saat Anda menservis mobil Anda, termasuk kondisi ban mobil. Dengan melakukan servis secara berkala, keadaan mobil Anda akan lebih aman dan dapat lebih terkondisikan. Begitu pula dengan kondisi ban yang sudah pasti akan selalu diperiksa agar selalu dalam keadaan prima. Anda tidak perlu khawatir lagi karena pemeriksaan mobil di bengkel akan dilakukan oleh teknisi handal professional dan menggunakan peralatan yang lengkap. Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk rutin melakukan servis berkala mobil Anda sehingga kualitas ban dan mobil Anda secara keseluruhan akan tetap terjaga.

Comments

Popular posts from this blog

Tips untuk Merawat Mobil agar Selalu Terjaga dan Terawat

Tips dalam Membeli Mobil Baru