Mengetahui Kerusakan Mobil Melalui Warna Asap Knalpot

cr: https://cartreatments.com/petrol-engine-blowing-white-smoke/

Tahukah Sahabat bahwa warna asap mobil yang keluar dari knalpot menandakan adanya kerusakan tertentu pada mobil Anda? Tak banyak orang yang memahami tentang tanda-tanda kerusakan mobil yang dapat diketahui melalui warna asap yang dikeluarkan oleh mobil. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, berikut akan dijelaskan mengenai indikasi kerusakan mobil yang dapat dilihat melalui beberapa warna asap mobil:

1.Asap putih
Mungkin kita terkadang melihat warna asap putih yang dikeluarkan oleh kendaraan tertentu. Bila asap yang keluar berwarna putih tipis, itu menandakan adanya masalah pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Namun, Sahabat tidak perlu khawatir karena permasalahan ini tidak cukup serius. Berbeda dengan asap berwarna putih yang terkesan lebih pekat, ini berarti ada masalah dalam system pembakaran mobil. Hal ini dapat disebabkan oleh oli yang masuk ke pembakaran atau mungkin juga disebabkan oleh rusaknya bagian silinder.

2.Asap abu-abu
Asap berwarna keabu-abuan yang keluar dari mobil juga seringkali dijumpai. Asap abu-abu ini juga menandakan adanya kerusakan atau masalah pada mobil tersebut, khususnya pada bagian PCV atau Positive Crankcase Ventilation. Kerusakan pada PCV ini menyebabkan uap dan gas yang masuk ke ruang mesin menjadi tidak terkontrol yang terjadi karena adanya kemacetan.
Dan jika mobil Sahabat memiliki tipe transmisi matic, bisa jadi asap abu-abu tersebut mengindikasikan adanya oli transmisi yang merembes atau jumlah oli yang melebihi kapasitas tangki.

3.Asap hitam
Mobil dengan asap yang keluar berwarna kehitaman dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Masalah utama yang menyebabkan asap hitam ini adalah pada proses pembakaran bahan bakar kendaraan tersebut. Bahan bakar yang bersirkulasi terlalu banyak namun tak semua terbakar dengan sempurna dapat menjadi salah satu alasan keluarnya asap berwarna hitam. Selain itu, kerusakan pada bagian komponen-komponen mesin mobil seperti filter udara, injector, carburetor dan kompresi juga dapat menjadi pemicu keluarnya asap berwarna hitam.

4.Asap biru
Mungkin sebagian dari kita tak terpikirkan bahwa asap yang keluar dari mobil juga dapat berwarna kebiru-biruan. Namun, asap berwarna kebiruan ini memang ada dan juga dapat mengindikasikan adanya permasalahan pada mobil Sahabat. Sesungguhnya, asap yang berwarna biru ini mengindikasikan kemungkinan adanya oli yang ikut tebakar di dalam mesin mobil. Tak hanya itu saja, asap biru ini juga dapat timbul karena masalah pada ring piston atau blower turbo yang sudah lama tak diganti.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Mudah Menjaga dan Merawat Ban Mobil

Tips untuk Merawat Mobil agar Selalu Terjaga dan Terawat

Tips dalam Membeli Mobil Baru