Fungsi Penting Oli Mesin untuk Performa Mobil


Memiliki kendaraan yang tahan lama tentu menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu, menjaga dan merawat mesin mobil sangat esensial untuk mempertahankan kualitas mobil. Karena mesin merupakan komponen utama yang menentukan kualitas dan kinerja mobil yang kita pakai.

Mesin memerlukan oli mesin sebagai pelumas yang akan membuat mesin dapat berjalan mulus dan mempermudah komponen-komponen mesin bergerak tanpa adanya gangguan. Selain daripada itu, ternyata oli mesin memiliki berbagai kegunaan dan manfaat lain yang menguntungkan bagi mesin mobil Anda. Berikut fungsi-fungsi lain oli mesin mobil disamping sebagai pelumas mesin mobil:

1. Melindungi mesin dari karat
Oli mesin mengandung zat-zat yang dapat mencegah karat pada mesin, sehingga mesin menjadi tidak mudah berkarat dan lebih tahan lama. Komponen mesin yang berkarat dapat memengaruhi ketahanan mesin dan kinerja mobil Anda. Untuk itu, kita memerlukan oli sebagai pelindung mesin dari karat, karena sifat komponen mesin yang berbahan dasar logam mudah berkarat.

2. Mendinginkan mesin
Saat sedang bekerja, mesin mobil akan menjadi panas dan dapat mencapai derajat suhu yang cukup tinggi. Oli akan membantu mendinginkan mesin dengan cara memindahkan panas tersebut ke dinding mesin yang kemudian dapat disalurkan keluar melalui konduksi. Selain itu, saat antar komponen mesin bergesekkan dan menghasilkan panas, oli juga dapat bekerja untuk mendinginkan komponen-komponen mesin tersebut.

3. Membersihkan mesin
Selain dapat mendinginkan mesin, oli juga memiliki kemampuan untuk membersihkan mesin dari kotoran dan debu yang ada pada mesin mobil. Mesin yang penuh dengan kotoran tentu juga akan memengaruhi kinerja mobil dan dapat menurunkan kualitas mesin. Dengan keberadaan oli ini akan membantu menjaga kebersihan mesin karena oli dapat melarutkan kotoran-kotoran tersebut dan bahkan menjangkau ke bagian-bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Oleh sebab itu, oli memiliki peranan yang penting dalam menjaga mesin tetap bersih dari debu kotoran sehingga kinerja mesin dapat lebih maksimal.

Itulah kegunaan lain dari oli selain melicinkan mesin mobil. Dengan berbagai macam fungsi yang dimilikinya, oli mesin dapat membantu agar performa mesin terus terjaga serta dapat memperpanjang usia mesin mobil dan membuatnya lebih tahan lama. Jadi, jangan lupa untuk mengganti oli mesin secara rutin, ya, agar performa mesin pun tetap terjaga.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Mudah Menjaga dan Merawat Ban Mobil

Tips untuk Merawat Mobil agar Selalu Terjaga dan Terawat

Tips dalam Membeli Mobil Baru