Pentingkah Service Spooring dan Balancing Ban Mobil?


Kondisi ban mobil sangat memengaruhi kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, sangat penting bagi Sahabat untuk melakukan perawatan dengan benar terhadap ban mobil Anda agar dapat berkendara dengan aman dan juga nyaman. Service penting yang harus dilakukan secara berkala untuk merawat ban mobil ialah spooring dan balancing.

Apa itu spooring dan balancing?

Spooring merupakan cara yang dilakukan untuk membuat posisi ban menjadi lurus. Hal ini dilakukan dengan cara meluruskan sudut-sudut geometri keempat ban agar posisi ban kembali seperti settingan awal.

Sedangkan balancing berfungsi untuk membuat putaran ban lebih stabil dan memastikan bahwa ban mobil telah seimbang pada titik pusat roda. Biasanya, balancing dilakukan dengan cara menambahkan pemberat (besi tempel) pada bagian velg mobil.

Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu spooring adalah ketika setir mobil terasa bergetar saat mengemudi. Dan juga ketika Sahabat melepas setir, bila mobil bergerak kearah tertentu di jalan yang lurus dan mendatar dalam kecepatan pelan, maka itu menandakan bahwa sudah waktunya untuk melakukan spooring dan balancing. Jika itu terjadi, sebaiknya Sahabat segera membawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk melakukan service spooring dan balancing.

Manfaat apa saja, sih, yang akan didapatkan bila melakukan spooring dan balancing?

Yang pertama, dengan melakukan spooring dan balancing tentu saja akan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Saat mengemudi pun akan terasa lebih mulus dan ringan setelah melakukan setting spooring dan balancing. Selain itu, getaran pada stir pun juga akan hilang, sehingga kenyamanan dalam mengemudi akan jauh lebih meningkat.

Spooring dan balancing juga akan membantu menghilangkan keausan ban yang tidak merata pada ban serta meningkatkan kestabilan saat berkendara karena kelurusan roda kemudi telah diperbaiki. Sehingga, dalam berkendara mobil akan bergerak lurus tanpa membelok kearah manapun.

Saat berbelok pun akan menjadi lebih nyaman, karena ban lagi tidak lagi berderit setelah diservice spooring dan balancing.

Dengan melakukan spooring dan balancing pula, Sahabat dapat memaksimalkan umur pemakaian ban. Sebab jika Sahabat menservice rutin ban mobil dengan spooring dan balancing, mobil Anda akan jauh dari berbagai macam permasalahan mobil sehingga tidak akan menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan service spooring dan balancing ban mobil Sahabat, ya! Sehingga, ban mobil akan lebih awet dan terawat serta mengemudi pun akan selalu aman dan nyaman.



Comments

Popular posts from this blog

Tips Mudah Menjaga dan Merawat Ban Mobil

Tips untuk Merawat Mobil agar Selalu Terjaga dan Terawat

Tips dalam Membeli Mobil Baru